# Selamat Datang di Blog Baitul Hikmah Al-Aziziyah Gampong Tufah Kecamatan Jeunieb Kabupaten Bireuen. Sharing Informasi Terkini dan Berita-Berita Unik lainnya. #
Home » , » BAITUL HIKMAH AL-AZIZIYAH RESMI BERDIRI

BAITUL HIKMAH AL-AZIZIYAH RESMI BERDIRI

Written By Blog on Tuesday 27 October 2015 | 04:07

PROFIL LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM
BAITUL HIKMAH AL-AZIZIYAH GAMPONG TUFAH KECAMATAN JEUNIEB KABUPATEN BIREUEN

Lembaga Pendidikan Islam Baitul Hikmah Al-Aziziyah adalah cabang Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga, didirikan atas persetujuan, Syekh H. Hasanoel Basri HG (ABU MUDI) Pimpinan tertinggi Lembaga Pendidikan Islam Ma’hadal ‘Ulum Diniyah Islamiyah (MUDI) Mesjid Raya Samalanga Kabupaten Bireuen.
Baitul Hikmah Al-Aziziyah didirikan pada tanggal 28 Dzulhijjah 1436 Hijriyah, atau bertepatan dengan tanggal 28 September 2015 Masehi, terletak digampong Tufah Kemukiman Tufah, Kecamatan Jeunieb Kabupaten Bireuen dengan Luas lokasi 948 m, dibawah Pimpinan Tgk. Nasrullah H. Ibrahim S. Sos. I.
Untuk yang pertama kalinya, bangunan pertama dibangun adalah satu unit balai yang berkontruksi kayu, dengan ukuran 3,5 m x 11 m. Dana untuk pembangunan balai tersebut adalah dana pimpinan sendiri, dan sumbangan kawan-kawan dekatnya. didirikan diatas tanah komplek kuburan milik warga dengan status pimjam pakai tempat selama tidak digunakan untuk kepentingan pemakaman dengan luas are sekitar 450 m. Adapun luas area yang dijadikan tempat pengajian Baitul Hikmah Al-Aziziyah saat ini berukuran 948 m, yang dibeli dengan dana pimpinan serta swadaya kaum muslimin. 
Kondisi Gampong Tufah saat pesantren ini didirikan, sudah memiliki dua tempat pengajian milik warga setempat. Dua tempat tersebut terdiri dari tempat pengajian khusus Iqra’ untuk anak-anak TPA, dan satu lagi pengajian khusus al-Quran, Kitab Jawi bagi anak-anak usia dini dan remaja, dan juga dijadikan sebagai tempat Khalud (Ibadah sufi) bagi warga lansia.
Kehadiran Lembaga Pendidikan Islam Baitul Hikmah Al-Aziziyah digampong tersebut, mendapat dukungan penuh dari masyakat, disebabkan oleh dua faktor. Pertama; Jauh sebelumnya, Tgk. Nasrullah H. Ibrahim yang merupakan Pimpinan Lembaga, sudah begitu dikenal oleh penduduk setempat, bahkan sampai silsilah keluarganyapun masyarakat sudah begitu mengenalnya. Kedua; Gampong tersebut belum memiliki tempat pengajian khusus untuk mempelajari kitab Arab layaknya Dayah/Pesantren yang ada ditempat-tempat lain sehingga anak-anak mereka harus diantar kepesantren lain diluar gampong bahkan keluar Kecamatan dan Kabupaten.
 Oleh karena demikian, kehadiran Lembaga Pendidikan Islam Baitul Hikmah Al-Aziziyah, merupakan anugerah paling besar bagi mereka, dengan harapan, agar anak-anaknya mampu memahami ilmu agama dalam menjelani kehidupan dunia ini, sehingga orang tuanya terlepas dari tangunjawab dengan Allah SWT.  
Facebook Komentar:

0 comments:

Post a Comment

Wisata Aceh

Popular Posts