1. Suami berkata kepada isterinya علي الطلاقalaiya talaq (lazim atasku talak). menurut ibnu taimiyah talak tidak jatuh akan tetapi
suami dikenakan kafarah sumpah. Padahal tidak
ada satu pun Ulama
Ahlussunnah yang
berpendapat seperti itu.
2. Mentalak isteri sedang haid (mentruasi) tidak jatuh, dan begitu juga
talak dalam masa suci yang telah melakukan
hubungan badan.
3. Meninggalkan shalat secara sengaja tidak wajib qadha.
4. Wanita yang sedang mentruasi dibolehkan tawaf di al-bait dan
tidak dikenakan kafarah.
5. Talak tiga jatuh satu, Ibnu Taimiyah ini sebelum mengeluarkan fatwa
tersebut, sudah pernah menukil ijmak talak tiga jatuh tiga.
6. Barang yang diambil dari harta tijarah (perniagaan) itu sudah dipadai untuk
zakat meskipun bukan dengan nama zakat.
7. Benda cair yang jatuh bangkai seperti tikus itu tidak bernajis.
8. Orang yang sedang berhadas besar boleh mengerjakan shalat
sunat diwaktu malam
9. Syarat yang ditetapkan oleh si wakif(pelaku wakaf) itu tidak diiktibar. jika seseorang
mewakaf sesuatu kepada seseorang yang bermazhab Syafi’i
maka boleh menyalurkan
kepada orang yang bermazhab Hanafi, begitu juga sebaliknya.
10. Menyalahi ijmak tidak kufur dan tidak fasik.
11. Zat Allah tersusun dari berbagai juzuk dan zat Allah
berhajat seperti berhajat kul bagi juzuk.
12. Al-Qur'an baharu pada zat Allah.
13. Alam qadim
dengan satu nok.
14. Allah berjisim(bertubuh), berjihat(ada arah),
berpindah-pindah.
15. Neraka fana.
16. Nabi Muhammad Saw tidak ada kehormatan dan tidak boleh tawassul
dengannya.
17. para Nabi tidak maksum
(boleh salah).
18. Safar untuk ziarah ke maqam Nabi SAW merupakan maksiat
yang tidak boleh mengqashar shalat.
19. Kitab taurat dan injil tidak diganti lafaznya akan tetapi yang diganti hanya maknanya.
واعلم أنه خالف الناس في مسائل نبه عليها التاج السبكي وغيره .
فمما خرق
فيه الإجماع قوله في : علي الطلاق أنه لا يقع عليه بل عليه كفارة يمين ، ولم يقل بالكفارة
أحد من المسلمين قبله ، وأن طلاق الحائض لا يقع ، وكذا الطلاق في طهر جامع فيه ، وأن
الصلاة إذا تركت عمدا لا يجب قضاؤها ، وأن الحائض يباح لها بالطواف بالبيت ولا كفارة
عليها ، وأن الطلاق الثلاث يرد إلى واحدة ، وكان هو قبل ادعائه ذلك نقل أجماع المسلمين
على خلافه ، وأن المكوس حلال لمن أقطعها ، وأنها إذا أخذت من التجار أجزأتهم عن الزكاة
وإن لم تكن باسم الزكاة ولا رسمها ، وأن المائعات لا تنجس بموت حيوان فيها كالفأرة
، وأن الجنب يصلى تطوعه بالليل ولا يؤخره إلى أن يغتسل قبل الفجر ، وإن كان بالبلد
، وأن شرط الواقف غير معتبر ، بل لو وقف على الشافعية صرف إلى الحنفية وبالعكس ، وعلى
القضاة صرف إلى الصوفية ، في أمثال ذلك من مسائل الأصول مسألة الحسن والقبح التزم كل
ما يرد عليها ، وإن مخالف الإجماع لا يكفر ولا يفسق ، وأن ربنا سبحانه وتعالى عما يقول
الظالمون والجاحدون علوا كبيرا محل الحوادث تعالى الله عن ذلك وتقدس ، وأنه مركب تفتقر
ذاته افتقار الكل للجزء تعالى الله عن ذلك وتقدس ، وأن القرآن محدث في ذات الله تعالى
الله عن ذلك ، وأن العالم قديم بالنوع ، ولم يزل مع الله مخلوقا دائما فجعله موجبا
بالذات لا فاعلا بالاختيار تعالى الله عن ذلك ، وقوله بالجسمية والجهة والانتقال ،
وأنه بقدر العرش لا أصغر ولا أكبر تعالى الله عن هذا الافتراء الشنيع القبيح ، والكفر
البراح الصريح ، وخذل متبعيه وشتت شمل معتقديه ، وقال : إن النار تفنى ، وأن الأنبياء
غير معصومين ، وأن رسول الله ( صلى الله عليه وسلم ) لا جاه له ولا يتوسل به ، وأن
إنشاء السفر إليه بسبب الزيارة معصية لا تقصر الصلاة فيه ، وسيحرم ذلك يوم الحاجة ماسة
إلى شفاعته ، وأن التوراة والإنجيل لم تبدل ألفاظهما وإنما بدلت معانيهما
Referensi: Ibnu Hajar al-Haitami, Fatawa
Hadisiyah, (Surabaya: Imarah), hal 85.
kenapa FATWA SESAT IBNU TAIMIYAH YANG MENENTANG IJMA' ULAMa gan...?
ReplyDeletemakasih banyak atas infonya gan.
ReplyDeletesanagt menarik dan sangat bermanfaat...